Saturday, October 11, 2008

sebuah informasi: tidur berlebihan justru bikin letih

kenapa kebanyakan orang merasa letih padahal tidurnya mencukupi?

jadi begini...

orang-orang yang biasa setiap hari bangun pagi-pagi untuk melakukan aktivitas yang rutin berpikir bahwa pada akhir minggu atau di waktu libur mereka akan membiarkan dirinya di atas kasur sampai menjelang siang atau sore, dengan alasan supaya mendapatkan istirahat yang maksimal yang gak bisa didapat ketika seminggu penuh sibuk beraktivitas.

tidur pada hari libur (weekend, cuti) yang berlebihan seperti ini bisa menyebabkan keletihan. kebiasaan seperti itu mengganggu biological clock dalam tubuh kita. biological clock adalah waktu-waktu dimana organ-organ dalam bekerja. biological clock terbentuk ketika kita terbiasa mengatur jadwal kita sehari-hari.

ada satu hormon bernama cortisol (sama-sama bilang cortisol!). atau kata lainnya adalah hormon kecergasan. apa gunanya? hormon ini adalah hormon yang merespon tingkat stress dalam tubuh kita, dengan kata lain hormon ini mempersiapkan tubuh kita untuk melakukan ketegangan aktivitas setiap hari. hormon ini dikeluarkan oleh kelenjar adrenal mengikuti pola aktivitas kita sehari-hari. misalnya kita memiliki rutinitas untuk bangun jam 7 setiap hari, maka hormon tersebut akan keluar sekitar 2 sampai 3 jam sebelumnya, yaitu sekitar jam 4.


ada dua kesalahan:

1. kita tetap terjaga sampai pukul 4 (seperti waktu yang ditentukan di atas; bisa berbeda-beda untuk setiap orang) karena harus lembur atau bergadang. ketika kita tetap terjaga sampai pukul 4 itu berarti tidak ada waktu untuk kelenjar adrenal beristirahat. sehingga produksi cortisol untuk hari berikutnya akan sedikit kacau dan akhirnya kita mengalami keletihan (baca: tidak siap beraktivitas secara biologi).

2. kita tidur melebihi waktu biasa. hal ini menyebabkan produksi cortisol tidak berguna. karena terbiasa bangun jam 7, maka cortisol akan dihasilkan jam 4. ketika kita tidur melebihi jam bangun, maka cortisol akan tetap terproduksi sebagai bentuk rutinitas kerja tubuh kita. hasilnya, cortisol akan terbuang percuma ketika kita sedang tidur.

pada intinya, yang bikin kita letih adalah karena kita memiliki waktu tidur yang tidak teratur. mari sama-sama cek, jangan-jangan kita letih karena kita melakukan salah satu atau dua kesalahan di atas. dan mulai hari ini (setelah membaca artikel ini), mari sama-sama atur jadwal kita masing-masing sesuai dengan kebutuhan. ternyata rutinitas (baca: disiplin) ada baiknya juga.

No comments: